Virtual Coordinator Training Indonesia Batch 3

Apa Sih VCT?

Saya sering mendengar Virtual Coordinator Training (VCT) di berbagai lini media sosial yang dibagikan oleh teman-teman saya. Saya penasaran, dan coba mengunjungi link yang dibagikan di whatsapp saya dan yang muncul adalah form untuk melakukan pendaftaran. Saya berfikir gak ada salahnya buat mencoba. Saya daftar dan setelah itu selalu masuk pesan-pesan yang intinya akan ada  VCT Batch 3. Wah… apa lagi ini?

Agar rasa penasaran saya terjawab saya ikuti saja info-info yang diposting di group WA walau banyak nomer-nomer lain yang meninggalkan group alias left.

Dari rasa penasaran itu akhirnya terjawab juga. Ternyata VCT ini sangat bagus sekali. Ada nilai penting yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan ini (saat tulisan ini dibuat saya masih sedang mengikuti kegiatan VCT Batch 3). Oya, Batch 3 itu artinya angkatan ke-3.

Apa Saja Manfaatnya?

Banyak hal yang saya peroleh, mulai dari ilmu yang selama saya belum tahu, dan dibagikan oleh rekan-rekan guru yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ilmu-ilmu yang sifatnya lebih teknis. Tapi intinya bahwa kegiatan VCT ini ingin meningkatkan kapasitas seorang guru untuk menghadapi Era Industri 4.0. 

Kegiatan ini pertemuannya secara online di dunia maya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kumunikasi dalam hal ini Webex. Alat virtual webex ini akan menfasilitasi para pesertanya untuk saling tatap muka dan berdiskusi dalam satu ruangan maya (virtual room).

Apa Tujuan VCT?

Tujuan VCT sebetulnya sederaha saja (menurut saya lho). Melalui SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) para guru akan dilatih dan dibekali dengan ilmu bagaimana menjadi Narasumber, Moderator, Host dalam sebuah event yang dilakukan dalam secara virtual. Nah… menarik kan kegiatan ini?

Alurnya Bagaimana?

Alur VCT
Sumber Gambar: Kang Ferdi

  1. Materi singkat mengenai program peningkatan kapasitas guru oleh SEAMEO.
  2. Cara pengoperasian Sisco Webex sebagai platform yang digunakan dalam pelatihan VCT.
  3. Materi-materi pengaya, seperti misalnya STEM dan Revolusi Industri 4.0.
  4. Peserta bertugas untuk memenuhi tagihan yaitu: 2 kali sebagai Narasumber, 2 kali sebagai Moderator, dan 2 kali sebagai Host.
  5. Yang lulus akan mendapatkan Sertifikat.
  6. Alumnus VCT diharapkan agar mengimplementasikan di sekolahnya, KKG, MGMP, Kecamatan, atau Kabupaten tempat ia bertugas.
  7. SEAMEO siap memfasilitasi dengan menyediakan room conference di Webex secara gratis.
Nah.. itulah selayang pandang tentang VCT. Semoga bermanfaat 🙂
Posts created 28

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas