Bersama guru pembimbingnya saat masih di bangku SMP

Marselina Tamu Apu, Siswa Berbakat Dibidang Olahraga

Sosok dengan postur tumbuh jangkung menjadikan dirinya berbeda dengan teman-teman seusianya. Erlyn dengan nama lengkap Marselina Tamu Apu memiliki tinggi 170 cm dan berat badan 37 kg jadi salah satu atlet muda yang diperhitungkan untuk lari 100 meter.

Lahir di Kahuda tanggal 25 April 2000 adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Orang tuanya, Ndapung Bidi Leu dan Banja Oru menyekolahkan Erlyn di SMP Negeri 1 Kanatang. Di sekolah itulah ia dibimbing oleh guru olahraganya Herman Ranjaratu,S.Pd, atas arahan dari Kepala Sekolah SMP N 1 Kanatang Drs. Markus Hernoko yang pertama kali melihat potensi Erlyn dibidang olaraga atletik.

Saat dilatih oleh guru olahraganya, pak Herman Ranjaratu

“Saya dibimbing pak Herman setiap sore. Lari dan lompat jauh adalah runitas saya, kurang lebih 2 jam setiap sore. Jogging, senam spesifik atletik, kijang, hopping, sprint 20m, 40m, 60m dan seterusnya dilakukan secara bertahap setiap sore,” demikian ungkap Erlyn menceritakan bagaimana ia dibimbing.

Sebagai siswa peraih medali emas lari 100m di Pekan Olah Raga Propinsi NTT, tidak membuat Erlyn menjadi siswa yang melupakan tugas utamanya sebagai siswa. Ia ingin merampungkan studinya di SMP dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lomba lompat jauh tingkat SMP dalam O2SN

Karena prestasinya dibidang olahraga atletik yang merupakan kegiatan O2SN, pemerintah pusat menganugerahi Erlyn dengan beasiswa sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasinya.

“Untuk semua siswa di Sumba Timur, saya hanya berpesan untuk berusaha menjadi yang terbaik. Jadilah yang terbaik dibidangmu, tidak hanya dibidang olahraga, tapi dibidang lain juga untuk mengharumkan kabupaten Sumba Timur,” demikian pesan Erlyn.

Di bawah ini adalah prestasi Erlyn alias Marselina Tamu Apu dibidang atletik:

  • Oktober 2012 Juara II Lari 100 m yang diselenggarakan oleh Dinas PPO Sumba Timur
  • Mei 2013 Juara I Lari 60 m dan Lompat Jauh yang diselenggarakan oleh O2SN Sumba Timur
  • Juni 2013 Juara III Lompat Jauh yang diselanggarakan oleh O2SN Provinsi NTT
  • Oktober 2013 Juara I Lari 100 m yang diselenggarakan oleh Dinas PPO Sumba Timur
  • Oktober 2013 I Lompat Jauh yang diselanggarakan oleh Sirkuit Provinsi NTT
  • Mei 2014 Juara I Lari 60 m dan Lompat Jauh yang diselenggarakan oleh O2SN Sumba Timur
  • Juni 2014 Juara I Lari 60 m dan Lompat Jauh yang diselenggarakan oleh O2SN Provinsi NTT
  • September 2014 Juara I Lari 100 m yang diselenggarakan oleh Dinas PPO Sumba Timur
  • Oktober 2014 Juara I Lari 100 m yang diselenggarakan oleh PORPROV NTT

======= selesai =======

Tulisan di atas adalah hasil wawancara waktu itu ketika Marselina pulang dari Kupang setelah menjuarai lomba lari 100 meter. Tulisan ini sempat terpublikasi di media online Guru Sumba Timur (sekarang media tersebut sudah offline alias mati). Tapi karena di-tag sama rekan guru, pak Solihin,  Ibu Naomi, dan pak Bone di medsos FB, akhirnya coba cari kembali dokumen wawancara tersebut.

Ya… cukup membanggakan ketika di medsos, sosok Marselina Tamu Apu jadi perbincangan. Saya temukan kembali file-file photo lama tahun 2012-2014 dan dokumen wawancara. Siapa sangka pada masa kelas 7 di bangku SMP N 1 Kanatang kala itu Marselina adalah siswa yang pendiam.

Marselina Kecil
Marselina dibangku Kelas 7 SMP Negeri 1 Kanatang

Marselina baru nampak bakatnya ketika menginjak kelas 2. Ia fokus  belajar. Semua mata pelajaran ia sukai. Dan di atas rata-rata siswa-siswa di sana, antusias untuk hal-hal yang baru dan jauh dari kehidupan sehari-hari mereka. Contohnya pelajaran TIK. saya harus membawa masuk-keluar kelas satu unit komputer mini untuk mendemontrasikan tentang penggunaan komputer ke siswa-siswa saya.

Para siswa fokus memperhatikan termasuk Marselina

Nah, dari sekian siswa kami saat itu, muncullah nama Marselina. Ia menjadi salah satu atlik yang akan mewakili Indonesia dalam perlombaan atletik tingkat Asian Games, wow… bukankah suatu prestasi yang membanggakan?!

Semoga akan lahir lagi Marselina-Marselina lainnya yang akan terus mengharumkan nama Indonesia dibidang lain seperti pesan Marselina di atas, “Jadilah yang terbaik dibidangmu, tidak hanya dibidang olahraga, tapi dibidang lain juga”.[*]

Posts created 28

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas